Tips Membuat Tepung Beras

Tepung beras merupakan salah satu bahan yang sering digunakan masyarakat untuk membuat olahan makanan. Dari sekian banyak tepung yang ada, tepung ini menjadi salah satu tepung yang kerap digunakan pada masyarakat untuk membuat makanan seprti jajanan atau makanan tradisional. Karena dalam mendapatkan tepung ini pun tidak terlalu sulit, Sekarang pun banyak dijual di pasaran bahkan toko-toko terdekat.

Namun perlu diperhatikan bahwa dalam membuat tepung beras ini juga tidak terlalu sulit. Bahannya pun mudah dipdapatkan. Selain itu, peralatan yang digunakan pun tidak sulit untuk didapatkan. Kita bisa menggunakan peralatan dapur kita untuk membuatnya.  Untuk ibu-ibu rumah tangga juga bisa mempraktikannya di rumah untuk berkreativitas membuat tepung sendiri.

Berikut langkah-langkah pembuatan tepung beras:

  1. Siapkan beras yang akan digunakan untuk membuat tepung.
  2. Cucilah beras tersebut hingga bersih
  3. Rendamlah beras selama kurang lebih 24 jam atau semalam, gunakanlah penutup misalnya serbet untuk menutup rendaman beras tersebut
  4. Beras yang sudah di rendam semalaman tersebut kemudian di tiriskan
  5. Setelah itu jemurlah beras tersebut di bawah sinar matahari. Gunakanlah tampah atau sejenisnya untuk alas menjemur. Aturlah jarak beras agar tidak terlalu menmpel atau menggumpal, hal ini ditujukan agar beras tersbebut cepat kering.
  6. Jika beras tersebut sudah kering betul, maka beras sudah bisa digiling atau dihaluskan. Haluskan beras menggunakan blender
  7. Beras yang sudah diblender akan menghasilkan tepung beras, Jika teksturnya masih belum merata halus, maka ayaklah tepung tersebut. Kemudian bagian tepung yang masih kasar cobalah blender kembali
  8. Setelah tepung selesai dihaluskan. Tepung bisa disangrai agar lebih kering dan gurih. Jangan menggunakan api yang besar karena akan membuat tepung mudah gosong, gunakanlah api yang sedang. NAmun proses ini tidak harus dilakukan, karena proses ini juga akan merubah rasa tepung, namun tingkat kekeringan atau keawetan lebih menjamin.
  9. Tepung sudah siap digunakan. Simpanlah di tempat yang bersih, tertutup. Bisa gunakan freezer untuk menyimpannya.

Demikian tips membuat tepung beras sendiri. Karena langkah-langkahnya pun tidak terlalu rumit dan tentu sederhana. Maka tidak ada salahnya membuat tepung beras sendiri di rumah.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: