Tepung Kacang Kedelai

Kacang kedelai

Merupakan tanaman polong-polongan. Banyak masyarakat yang menjadikan tepung ini sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai olahan makanan.  Kacang kedelai ini merupakan salah satu sumber utama protein nabati. Kepopulerannya di kalangan masyarakat karena merupakan sumber protein yang besar.  Kedelai ini mengandung protein 35-40 % protein paling tinggi diantara sumber  protein.  Ini setara dengan kandungan protein yang didapatkan dari daging.

Tepung Kacang Kedelai

Kedelai memang banyak dimanfaatkan sebagai olahan berbagai jenis makanan. Bahkan seperti halnya tahu dan tempe. Namun, kedelai ini bisa dimanfaatkan untuk dijadikan olahan tepung. Tepung kacang kedelai ini bisa diolah juga menjadi berbagai jenis makanan. Olahan makanan dari tepung ini misalnya saja seperti kripik, krupuk, dll. Bahkan untuk masyarakat yang tidak menyukai daging, ini bisa dijadikan alternatif untuk dikonsumsi sebagai penambahan asupan protein. Setidaknya ini bisa menjadi pengganti protein yang dikandung oleh daging.

Tepung kacang kedelai merupakan hasil dari penghalusan kacang kedelai. Tepung ini memiliki warna kekuningan, mengenai teksturnya tentunya sama saja dengan tepung-tepung lainnya. Tepung kacang kedelai tidak memiliki bau yang has, rasanya pun hambar seperti halnya memakan kacang kedelai sendiri.  Ketika diolah menjadi suatu makanan baru akan terasa rasa dari tepung ini sebenarnya

Pada dasarnya nutrisi yang terkandung dalam tepung kedelai ini juga sangat beragam. Ini membuat tepung kedelai kaya akan manfaat karena banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya. Beberapa kandungan nutrisi yang ada diantaranya adalah karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, energi. Serta beberapa kandungan vitamin seperti vitamin A dan B

Proses pembuatan tepung ini yaitu melalui beberapa tahapan. Tahapan awal yaitu pemilihan bahan bakunya yaitu kedelai yang berkualitas kemudian perendaman selama 24 jam. Kemudian setelah perendaman itu, kacang kedelai kemudian ditiriskan dan dikeringkan. Baru setelah itu lalu digiling hingga menjadi tepung.

Tepung kacang kedelai saat ini bisa dijumpai di pasar atau toko-toko roti. Jika ingin membuat sendiri tepung ini juga bisa dilakukan di rumah asalkan ada bahan bakunya yaitu kacang  kedelai, maka bisa saja tepung ini dibuat sendiri. Namun jika memang repot untuk membuatnya, maka bisa dibeli saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: