Tepung Mocaf

Mocaf adalah kependekan dari Modified Cassava Flour. Tepung ini merupakan tepung yang berasal dari singkong yang diolah.  Tepung ini bisa dijadikan pengganti untuk tepung terigu tanpa memerlukan campuran dari tepung lain.

Tepung mocaf yang dijadikan bahan  pangan alternatif yang bisa dibilang masih langka. Tepung ini memiliki harga yang masih relatif tinggi. Keterbatassan dalam produksi juga mengakibatkan tepung ini menjadi barang langka yang memiliki harga relatif tinggi yang baru dijual di beberaa tempat perbelanjaan tertentu saja.

Tepung MOCAF ini bisa dijadikan sebagai pengganti tepung terigu, gandum maupun beras. Jadi misalkan ingin membuat olahan makanan dari tepung beras, gandum atau terigu, bisa saja diganti dengan tepung MOCAF ini sebagai alternatifnya.

Dalam penggunaan tepung MOCAF ini yaitu digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan. Misalnya saja seperti untuk membuat aneka kue cookies, nastar, roti tawar, kue basah, kue lapis dll

TEpung ini juga bisa digunakan sebagai bahan membuat bihun

Pembuatan Mocaf

Tepung mocaf merupakan produk tepung dari singkong yang diproses melalui prinsip modifikasi sel ubi kayu dengan framentasi. Dalam proses ini menyebabkan perubahan pada karakteristik yang lebih baik dibandingkan dengan tepung yang lainnya.

Selama proses framentasi terjadi pula penghilangan komponen penimbul warna coklat ketika dalam proses pengeringan yaitu dengan pemanasan. Sehingga akan menghasilkan akan memiliki warna lebih putih dari pada singkong lainnya. Tepung ini juga memilii bau yang netral (bau netral ini dimaksud juga tidak memiliki bau apek khas singkong). Tepung ini akan terlihat seperti tepung terigu jika sudah jadi.

Proses pembuatan mocaf dengan langkah-langkah tahapan peengupasan singkong, pemotongan, perendaman, framentasi, pengeringan, penggilingan.

Keunggulan

Sama dengan tepung lainnya yang memiliki keunggulan. Maka tepung MOCAF juga memiliki keunggulan dibanding dengan tepung lainnya terlebih tepung singkong lainnya.

Keunggulan MOCAF diantaranya adalah: Memiliki kandungan mineral yang lebih tinggi dibandingkan dengan padi maupun dengan gandum, Memiliki kandungan serat terlarut yang lebih tinggi dari pada tepung gaplek, Daya kembang setara dengan gandum tipe II (kadar protein menengah).Daya cerna lebih tinggi dibandingkan dengan tapioka maupun gaplek.

Referenci diambil dari : jual-segala-jenis-tepung.blogspot.com

Kunjung website: sinar-matahari.com

indratma-sahitaguna.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: